Konfigurasi auto mount harddisk dan partisi baru di Ubuntu Server dari terminal

Seperti biasanya saya akan mendokumentasikan setiap ada permasalahan diserver sekolah.
Dikarena sistem error terpaksa saya install ulang.
Ayo dah langsung saja.

1. Pertama anda bisa jalankan perintah 
sudo fdisk -l
untuk memetakan lokasi device harddisk anda di system, disini saya mengetahui bahwa harddisk yang barusan saya format menggunakan file system ext4 berlokasi di /dev/sdb1 seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah: 



2. Kemudian saya menjalankan perintah:

df -h

dengan hasil seperti yang tampak pada tampilan di bawah untuk mengecek apakah drive /dev/sdb1 sudah di mounting oleh system:

3. Kemudian saya akan membuat folder /2TB 
sudo mkdir /2TB

Lalu coba jalankan perintah:
sudo mount /dev/sdb1 /2TB/
Kemudian menjalankan perintah
df -h
Untuk hasilnya sebagai berikut;

dari gambar di atas, dapat anda lihat bahwa harddisk baru dengan partisi /dev/sdb1 telah di mounting dan dapat diakses melalui folder /2TB . Mounting secara manual tersebut akan hilang setiap kali system di restart, sehingga kita harus melakukannya berulang-ulang.

4. Untuk  mengatasi masalah itu silakan anda jalankan perintah di bawah:
 sudo blkid /dev/sdb1


untuk melihat UUID dari harddisk yang berlokasi di /dev/sdb1 sehingga hasilnya dapat anda lihat seperti yang tampak pada gambar di bawah:

silakan catat nomer UUID dari partisi baru tersebut lalu buka dan edit file yang terletak di lokasi /etc/fstab dengan menjalankan perintah:

 sudo vim /etc/fstab


kemudian tambahkan konfigurasi seperti di bawah:

 UUID=7f234d11-e73f-43b5-acef-0d70373207bf /2TB ext4 defaults 0 0

silakan simpan dan keluar, dari konfigurasi di atas saya menginginkan agar /dev/sdb1 dengan UUID seperti yang ditunjukkan dengan perintah bkid akan otomatis di mounting di folder /2TB setiap kali sistem restart.

5. Coba jalankan perintah:

 sudo reboot

kemudian jalankan perintah:

 df -h

maka hasilnya akan terlihat mirip seperti pada gambar yang ditunjukkan di bawah:

0 Response to "Konfigurasi auto mount harddisk dan partisi baru di Ubuntu Server dari terminal"