Keuntungan dan Keterbatasan Sistem CloudFlare

Apa Keuntungan dan Keterbatasan Sistem CloudFlare?

Cloudflare adalah sebuah teknologi computasi awan atau Cloud Computing di internet. Cloudflare berfungsi sebagai jembatan agar pengunjung, attackers, crawlers & bots tidak langsung mengunjungi webserver, tetapi dialihkan ke webserver bayangan cloudflare.

Cloudflare, adalah layanan CDN (Content Delivery Network) dan distibusi Domain Name Server yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan kecepatan akses website yang disertai dengan fitur keamanan. Cloudflare menyediakan layanan gratis dan berbayar.

ilustrasi sistem tanpa CloudFlare dan dengan CloudFlare seperrti dibawah ini :
 
# Tanpa Cloudflare
# Menggunakan CloudFlare
 
Apa Keuntungan Sistem CloudFlare :
 1. Situs Peningkatan Kinerja
CloudFlare memiliki proxy server di seluruh dunia. Server proxy terletak lebih dekat dengan pengunjung Anda, yang berarti mereka akan melihat perbaikan buka halaman dengan lebih cepat sebagai cache konten disampaikan dari kotak caching terdekat, bukan langsung dari server hosting. Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa situs menjadi lebih cepat, dan pengunjung lebih lama berada di website anda.

2. Bot dan Ancaman Perlindungan
CloudFlare menggunakan data dari Proyek Honey Pot dan sumber pihak ketiga, serta data dari masyarakat, untuk mengidentifikasi ancaman berbahaya online dan menghentikan serangan sebelum mereka bahkan mendapatkan ke situs Anda. Anda dapat melihat ancaman yang sedang dihentikan melalui dashboard CloudFlare Anda di sini.

3. Perlindungan Spam Komentar
CloudFlare memanfaatkan data dari sumber pihak ketiga untuk mengurangi jumlah spam komentar di situs Anda

4. Pengunjung memperingatkan Komputer Terinfeksi
CloudFlare alert pengunjung manusia yang memiliki komputer yang terinfeksi bahwa mereka perlu mengambil tindakan untuk membersihkan malware atau virus pada mesin mereka. Pengunjung dapat memasukkan CAPTCHA untuk mendapatkan akses ke situs Anda.

5. Modus Selalu Online
Dalam hal server kami tidak tersedia, pengunjung masih harus dapat mengakses situs Anda karena CloudFlare melayani pengunjung halaman dari cache.

6. Penggunaan CPU yang lebih rendah
Sebagai permintaan lebih sedikit memukul server kami, ini menurunkan penggunaan CPU keseluruhan account Anda.

7. Baru Statistik Statistik:
sistem CloudFlare yang membuat statistik di tekan masing-masing dan menawarkan wawasan ke crawler mesin pencari dan ancaman.

 Keterbatasan dari sistem CloudFlare:

 Saat ini, permintaan harus diarahkan ke www.$domain bukan $domain
CloudFlare dapat mempengaruhi program statistik internal yang membaca langsung dari log Apache. (CloudFlare tidak akan mempengaruhi program berbasis web analitik yang menggunakan JavaScript seperti Google Analytics.) Sementara log Anda akan mencerminkan permintaan lebih sedikit untuk server Anda dan beban karena lebih rendah, pengalaman untuk pengunjung Anda seharusnya tidak terpengaruh.

CloudFlare cache konten statis dari situs Anda. Sementara ini mengurangi beban pada server Anda, itu berarti bahwa jika Anda membuat perubahan ke file statis yang ada, seperti gambar, mungkin ada penundaan sebelum perubahan muncul. Sementara Anda mengupdate situs Anda, Anda dapat menempatkan CloudFlare perubahan sehingga ‘Pembangunan Mode’ muncul segera.

Berikut ini tampilan menu cloudflare pada hosting yang sudah mendukung sistem tersebut :