Cara Konek Ubuntu Ke Speedy dengan pppoe


Untuk konek dari Ubuntu saya ke Speedy dengan pppoe, berikut langkah-langkahnya :
- Siapkan username dan password speedy anda. Kalau anda belum punya, pasang dulu speedy nya hehe..cepet banget loh..!!
- Buka terminal di Ubuntu anda, lalu ketikkan perintah berikut

 sudo pppoeconf 

- Kemudian akan muncul menu program / wizard yang berbasis teks. Ikuti langkah-langkah yang ada, antara lain:

- Konfirmasi kan apakah semua network card anda terdeteksi. Dalam kasus saya, semua network interface saya sudah terdeteksi, LAN, WiFi dan Internal Modem
  – Masukkan username speedy anda, ketika diminta. Username ini biasanya seperti ini: 1231391256@telkom.net
- Masukkan password speedy anda

- Berikutnya sistem akan mengecek apakah sudah ada konfigurasi pppoe, kalau belum akan dibuat yang baru.

- Berikutnya anda akan ditanya : noauth? and ?defaultroute? options and to remove ?nodetach—jawab saja YES…

- Use peer DNS—YES

- Limited MSS problem—YES

- Kemudian konfirmasikan apakah anda ingin pppoe ini otomatis konek ketika sistem startup?–jawabanya tergantung anda mau atau tidak. Kalau saya tidak karena saya time based, limited, jadi saya ingin konek ketika saya butuh saja.

- Terakhir saatnya konek ke internet.
Untuk memulai koneksi, masukkan perintah berikut di terminal:

sudo pon dsl-provider
 Untuk mengakhiri koneksi, ketikkan perintah berikut

sudo poff dsl-provider
 Anda bisa juga membuat shortcut di desktop untuk mempermudah koneksi ini.

Sekian :)