Dino Patti Djalal : Aku ingin dipilih karena Gagasan

Dr. Dino Patti Djalal

Dr. Dino Patti DjalalDuta Besar LBBP RI
Kedutaan Besar Republik Indonesia
2020 Massachusetts Avenue NW
Washington, DC 20036
Twitter : @dinopattidjalal
Website: www.embassyofindonesia.org 

Dino lahir dari pasangan Hasyim Djalal (ayah) dan Jurni (ibu). Orang tuanya berasal dari Ampek Angkek, AgamSumatera Barat. Ayahnya, Hasyim Djalal, juga merupakan seorang diplomat Indonesia ternama.

Kariernya dimulai tahun 1987 ketika masuk Departemen Luar Negeri. Berbagai penugasan penting pernah diemban, antara lain sebagai Jubir Satgas P3TT (Pelaksana Penentuan Pendapat di Timor Timur), Kepala Departemen Politik KBRI Washington dan Direktur Amerika Utara dan Tengah Departemen Luar Negeri. Ia sempat menjabat sebagai Direktur Urusan Amerika Utara dan Amerika Tengah di Departemen Luar Negeri Republik Indonesia, sebelum akhirnya bersama Andi Mallarangeng kemudian ditunjuk sebagai juru bicara Presiden ketika Susilo Bambang Yudhoyono menjadi presiden Indonesia.

Pendidikannya bermula dari SD dan SMP Al Azhar, kemudian dia melanjutkan pendidikan ke McLean High School, Amerika Serikat, kemudian pendidikan S-1 ke Universitas Carleton. Gelar M.A. diraihnya dari Universitas Simon Frazer di Kanada hingga kemudian meraih gelar doktor bidang hubungan internasional di London School of Economics and Political Science.


Sebuah gagasan cemerlang untuk Indonesia muncul dari Dr. Dino Patti Djalal yang mengusung slogan ‘Indonesia Unggul’. Sesuai dengan judul buku yang baru dirilis oleh beliau, Indonesia Unggul memang bukan hanya sebuah slogan biasa. Indonesia Unggul adalah sebuah semangat, etos hidup, karakter,  sekaligus resep sukses yang Dino sendiri percaya dapat mendorong Indonesia mewujudkan impiannya menjadi raksasa Asia. Dalam mewujudkan impian tersebut, digagaskan oleh Dino, bahwa harus terjadi adanya perubahan dan perilaku dalam diri masyarakat. 

 Ada satu kutipan dari beliau yang amat saya sukai, yaitu "Shine through your achievement. Anda boleh saja merasa diri unik, nyentrik, dan hebat, namun tanpa suatu prestasi Anda tidak akan dianggap orang,".

0 Response to "Dino Patti Djalal : Aku ingin dipilih karena Gagasan "